Apa itu Kompetisi yang Membedakan – Distintive Competency?

Juga dikenal sebagai kemampuan inti atau kompetensi inti, kompetensi khas adalah bakat dan pengalaman kolektif yang melekat dalam angkatan kerja dari suatu perusahaan. Karakteristik ini penting dianggap sangat diinginkan, karena mereka menyediakan bisnis dengan apa yang dibutuhkan untuk menjadi kompetitif di pasar, memberikan nilai kepada pelanggan, dan akhirnya mencapai sasaran dan tujuan perusahaan. Tidak ada satu ideal kombinasi dari bakat dan pengalaman, karena peralatan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang berbeda akan bervariasi.

Dalam rangka untuk menilai apakah kompetensi yang khas yang diperlukan untuk memungkinkan bisnis untuk bersaing di pasar dan mencapai tujuannya, setiap bakat atau kemampuan harus dinilai. Untuk menjadi nilai dengan usaha bisnis, harus menjadi salah satu yang meningkatkan potensi untuk memberikan manfaat kepada pelanggan. Sementara kompetensi tidak harus secara langsung mengarah pada tujuan ini, ia harus berkontribusi proses pada beberapa titik dalam rantai pemenuhan.

Ciri-ciri kompetensi juga agak sulit untuk kompetisi untuk menyalin atau meniru. Kesulitan ini mungkin berasal dari menemukan sulit untuk menarik karyawan dengan tingkat yang sama dan jenis kompetensi, atau ketidakmampuan untuk mendapatkan individu yang juga bisa membawa tingkat yang sama pengalaman dengan upaya bisnis. Dalam kedua kasus, pesaing sulit untuk menciptakan campuran sama sumber daya, dan dengan demikian tidak dapat menjalankan jenis yang sama rencana bisnis dengan sukses serupa.

Salah satu cara yang bisnis terus berkembang adalah dengan selalu mengevaluasi kemampuan luar biasa atau kompetensi yang khas yang dibutuhkan untuk mengambil operasi ke tingkat berikutnya. Sebagai perusahaan memperluas basis klien, kebutuhan yang tidak hadir di masa lalu mungkin timbul. Dengan mencari orang-orang yang memiliki bakat yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, atau menumbuhkan bakat-bakat di antara tenaga kerja yang ada, usaha ini mampu memposisikan diri untuk tidak hanya berpegang pada pelanggan saat ini, tetapi juga menjangkau sektor baru dari pasar konsumen , yang memungkinkan untuk pergi ke tempat yang kompetisi belum menemukan.

Setiap bisnis yang sukses akan melibatkan kehadiran dan pemanfaatan yang efisien kompetensi khas. Usaha kecil mungkin menunjukkan kemampuan inti seperti etika pelayanan pelanggan yang kuat yang membantu mereka bersaing dengan mendirikan usaha lebih besar dan lebih. Mail order perusahaan dapat menyewa orang-orang dengan bakat untuk menciptakan proses pemesanan luar biasa yang menjamin pengiriman cepat ke pelanggan. tanaman Manufaktur mungkin orang yang sangat berbakat dalam merancang strategi proses kontrol yang menghilangkan limbah bahan baku dan memungkinkan usaha untuk menurunkan biaya keseluruhan produksi. Selama bakat atau keahlian yang dianggap penting atau tombol untuk fungsi operasi, itu benar dapat dianggap sebagai kompetensi khas.