Apa Sajakah Ruang Lingkup Ekonomi?

Economies of scope harus dilakukan dengan konsep bahwa total biaya rata-rata produksi dipengaruhi oleh jumlah unit barang yang berbeda yang dihasilkan oleh usaha yang diberikan. Ini berarti bahwa biaya produksi akan mulai berkurang jumlah unit masing-masing individu baik yang dihasilkan meningkat. Idenya adalah bahwa beberapa sumber daya yang digunakan dalam proses produksi secara keseluruhan relevan dengan lebih dari satu produk dan bahwa berbagi biaya proses-proses di antara produk yang berbeda akan menghasilkan biaya produksi yang lebih rendah per unit.

Ada beberapa kesamaan antara skala ekonomis dan economies of scope. Keduanya melibatkan mencoba untuk membuat paling efisien penggunaan sumber daya yang tersedia sebagai sarana memproduksi produk yang paling untuk biaya unit serendah mungkin. Apa yang berbeda adalah skala ekonomi biasanya berhubungan dengan produksi suatu produk tunggal, di mana ekonomi lingkup terfokus pada menggunakan beberapa sumber daya yang sama dan fasilitas untuk menghasilkan jumlah yang lebih besar dari dua atau lebih produk.

Salah satu cara mudah untuk memahami bagaimana ekonomi fungsi ruang lingkup adalah untuk mempertimbangkan operasi restoran makanan cepat saji. Sejak restoran jenis ini biasanya akan menyertakan menu yang menawarkan berbagai pilihan, penting untuk mengidentifikasi sumber daya yang dapat digunakan dalam penyusunan semua persembahan, serta dalam promosi item menu yang berbeda. Dengan memanfaatkan area persiapan makanan yang sama, beberapa bahan yang sama, dan bahkan memanfaatkan strategi iklan yang sama untuk mempromosikan item menu, bisnis ini dapat menghasilkan item masing-masing untuk biaya yang lebih rendah daripada mencoba untuk menggunakan sumber daya terpisah untuk memproduksi dan mempromosikan masing-masing dari barang-barang. Hasil akhirnya adalah lebih efisien penggunaan sumber daya yang tersedia, menurunkan biaya produksi secara keseluruhan, dan laba bersih yang lebih tinggi bagi pemilik restoran.

Sebuah alat yang efektif yang membantu untuk mendorong efisiensi ekonomi lingkup dikenal sebagai bundling atau asosiasi produk. Menggunakan contoh restoran fast food, bisnis dapat mempromosikan khusus yang mencakup burger atau sandwich ditambah dengan minuman dan tatanan sisi kentang goreng, salad, atau beberapa item sisi lain ditampilkan pada menu. Idenya di sini adalah untuk menciptakan suatu korban yang menggunakan lebih dari satu produk dan membujuk pelanggan untuk memilih penawaran yang lebih memesan produk individu. Meskipun hal ini mungkin mengurangi keuntungan aktual dari setiap unit yang terjual, mungkin pada kenyataannya volume penjualan meningkat. Hal ini sering dapat memungkinkan penjual untuk membuat lebih efisien penggunaan sumber daya dan mengimbangi selisih harga jual dengan relatif mudah.