Definisi Diagram Fishbone

Diagram tulang ikan, juga disebut diagram Ishikawa, telah dibuat di Jepang. Cerita berlanjut bahwa diagram tulang ikan yang pertama kali digunakan dalam rekayasa mobil sport Mazda. Jenis diagram ini sejak menjadi populer di banyak bagian dunia bisnis modern, termasuk di bidang manufaktur, di mana mereka bisa berguna dalam menilai apa yang salah dengan proses yang kompleks.

Fishbone diagram terdiri dari garis horizontal utama di mana garis kecil bercabang garis diagonal utama. Hal ini membuat tampilan grafik seperti kerangka ikan. Tulang ikan merupakan penyebab dan akibat dalam situasi di mana diperlukan untuk memecahkan masalah produksi atau dilema lainnya. Diagram tulang ikan memberikan perspektif gambaran yang lebih baik cepat daripada sebuah blok teks, yang merupakan bagian utama banding untuk eksekutif sibuk.

Fishbone diagram untuk desain produk, kontrol kualitas, dan penggunaan umum lainnya jenis berbeda sering kelompok faktor penyebab ke tulang ikan yang sama atau kategori. Ini termasuk orang-orang, atau mereka yang terlibat dalam proses, serta Metode, atau bagaimana pekerjaan itu dirancang untuk dilakukan. kategori lainnya termasuk Mesin, gigi yang digunakan dalam proses, Bahan, barang mentah yang digunakan, dan Lingkungan, menangkap lebih besar-semua panjang untuk berbagai faktor penyebab. Beberapa jenis diagram tulang ikan menggunakan kata-kata dengan huruf awal yang sama untuk mempromosikan kategorisasi mudah.

Diagram fishbone bisa disebut model agregat karena mereka menggabungkan menyebabkan lebih kecil berkontribusi terhadap yang lebih besar. Hal ini diwakili oleh diagonal kecil melekat pada berbagai diagonal yang menempel langsung ke garis horizontal utama. Model semacam ini berguna dalam visual menilai sejumlah kondisi atau peristiwa yang mungkin memiliki pengaruh pada hasil produksi.

Diagram fishbone hanya salah satu dari beberapa jenis diagram sebab dan akibat yang perencana dapat digunakan untuk meminimalkan masalah dalam tugas. Jenis yang sama profesional yang menggunakan diagram tulang ikan dapat menggunakan histogram, diagram pareto, diagram pencar, grafik pengendalian, lembaran cek, atau sejumlah perencanaan lainnya dan alat-alat pemecahan masalah. Dalam sistem yang lebih kompleks yang melibatkan uang atau variabel lain, perencanaan maju mungkin menggunakan alat yang mengukur atau menghitung kondisi variabel dengan cara yang lebih abstrak. Komputer telah membuat lebih banyak jenis proyeksi dalam pengambilan keputusan mungkin bagi perencana manusia, dan di dunia modern perencanaan, diagram tulang ikan merupakan alat perencanaan yang lebih konkrit atau dasar.